Sabtu, 18 Desember 2010

Perbedaan antara sun, linux, mac OS dan free BSD



         SUN adalahsebuah teknologi dengan fokus pada lingkungan bisnis yang mission-critical, Oracle menyediakan best-of-breed solusi teknologi yang terbuka, terpadu, dan lengkap. Kami memberikan nilai unik bagi pelanggan melalui integrasi server, storage, jaringan, dan perangkat lunak untuk memberikan beberapa produk yang paling terukur, handal, dan aman tersedia saat ini. perangkat lunak yang terintegrasi dengan solusi hardware yang dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi transaksional dan memberikan tingkat kinerja yang tak tertandingi dalam industri. Dan karena sistem Oracle dibangun pada standar terbuka, mereka dapat digunakan di datacenter sebagai komponen individu, atau sebagai solusi lengkap yang terintegrasi dari aplikasi ke disk. Dukungan Oracle Premier menyediakan satu titik akuntabilitas untuk kelas dunia, dukungan terintegrasi di semua produk-Oracle dari aplikasi ke disk-untuk meminimalkan risiko, mengurangi kompleksitas, dan menjaga Anda TI operasi berjalan lancar.

      Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell,Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, danGnumeric.

    Mac OS adalah serangkaian grafis antarmuka pengguna berbasis sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc (dahulu Apple Computer, Inc) untuk mereka Macintosh garis sistem komputer . Pengalaman pengguna Macintosh dikreditkan dengan mempopulerkan antarmuka pengguna grafis. Bentuk asli dari apa yang Apple kemudian nama "Mac OS" adalah bernama sistem perangkat lunak dan integral pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dengan Macintosh yang asli , biasanya disebut hanya sebagai perangkat lunak Sistem.
Apple sengaja meremehkan keberadaan sistem operasi pada tahun-tahun awal Macintosh untuk membantu membuat mesin tampil lebih user-friendly dan untuk jarak dari sistem operasi lain seperti MS-DOS , yang lebih misterius dan teknis menantang. Sebagian besar perangkat lunak ini sistem awal diadakan di ROM , dengan update biasanya disediakan gratis oleh dealer Apple pada floppy disk .Seperti meningkatkan kapasitas penyimpanan disk dan kinerja secara bertahap mengeliminasi kebutuhan untuk menyimpan banyak sistem operasi GUI maju di ROM, Apple dieksplorasi klon sedangkan positi
upgrade sistem operasi utama sebagai produk yang menghasilkan pendapatan yang terpisah, pertama dengan Sistem 7.1 dan Sistem 7,5, kemudian dengan Mac OS 7.6 pada tahun 1997.
versi awal dari OS Mac yang kompatibel hanya dengan Motorola 68000 berdasarkan Macintoshes-. Sebagai Apple memperkenalkan komputer dengan PowerPC hardware, OS adalah porting untuk mendukung arsitektur ini juga. Mac OS 8.1 adalah versi terakhir yang dapat dijalankan pada prosesor kelas 68000 (yang 68.040 ). Mac OS X , yang telah menggantikan "Classic" Mac OS, kompatibel dengan baik dan Intel prosesor PowerPC melalui versi 10.5 ("Leopard" ). Versi 10.6 ("Snow Leopard") hanya mendukung prosesor Intel.

   FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasukMicrosoft Xbox, DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitekturARM dan MIPS sedang dalam pengembangan, FreeBSD dapat berjalan diberbagai mesin contoh Intel X86 ( 32bit dan64bit), ProsesorCompac/Digital Alpha, MesinSPARC 64 –bit dariSun Microsystem, PowerPC, AMD64. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar